headerblog

Cara Menjadi Blogger Pemula


Tentang Cara Menjadi Blogger Pemula

MasyaAllah, agak malu plus grogi nih mau nulis tentang judul kali ini. Karena apalah aku, yang belum apa-apa di dunia per-blogger-an. Tapi, Bismillah aja, aku share ilmu yang aku dapat dari coachku, mba maritaningtyas.com, yang baik hati dan ngga pelit berbagi ilmu.

Sahabatku mygalerytha.com, sebelum berbagi ilmu tentang blog, kira-kira apa sih yang membuat kalian tertarik dengan dunia blog? 


Mengapa Tertarik Nge-Blog ?

Kalau aku nih, aku penasaran dengan mereka yang bisa menuangkan tulisan dengan bagus, dibaca banyak orang, bahkan bonusnya itu bisa dapat "rupiah". Kalau, rupiahnya itu urusan rezeki ya dear, jangan terlalu dikejar dan dinanti, nanti malah jadi beban tersendiri.

Aku justru lebih tertarik dengan bagaimana bisa menulis yang baik di sela-sela kesibukan seorang ibu. Karena menurut aku, menulis dengan bahasa yang baik itu lumayan syusyah :D. Apalagi tulisan  itu mengandung banyak ilmu dan manfaat. MasyaAllah bukan.. selain bahagia karena menyalurkan hobi, bahagia juga dapat menebar ilmu dan manfaat. 


Cerita Pertamaku di Kelas Blog

Nah, tadi udah ngomongin soal ketertarikanku dengan blog. Now, awal mula aku masuk kelas blog. Jujur aku sendiri belum apa-apa di dunia per-blogger-an, baru anak piyik, anak kemarin sore, hihihi :). Tapi, MasyaAllah, meskipun baru seumur jagung, dunia menulis ini bener-bener membawa banyak perubahan dan manfaat untuk diri aku pribadi.

Menulis memang sudah menjadi hobi dari kecil, apa aja ditulis, tapi yang pasti ya asal nulis aja ya, mana paham tentang kaidah menulis yang benar. Bahan yang ditulis sendiri pun ya seputaran tentang perasaan aku, tentang aktifitas, pokoknya seputaran kehidupanku. 

Niatnya sih, biar inget kalau pernah mengalami peristiwa a, b, c… gitu deh. Tapi, selain itu, aku memang bukan tipe yang bisa mengungkapkan apapun. Lebih nyaman menuangkannya ke buku, yang sifatnya hanya menerima semua curhatku, tanpa bisa memberikan feed back apa-apa. 

Ada kalanya kita ini memang hanya butuh tempat cerita ya, tidak butuh komentar. Iya apa iya? :). Nah, kala itu, menulis merupakan salah satu cara untuk menuangkan semua rasa yang ada di kepala dan hati, aman lagi, asalkan kita bisa save dengan baik, ngga ketauan siapa-siapa. Kalau ketauan, ya nasib deh :D.

Setelah sedikit tau soal blog, sebenarnya sudah lama sekali kepingin banget mendalaminya. Jujurly, pas itu bingung mulai dari mana. 

Tapi, kalau Allah Berkehendak itu ya, ada aja jalannya. 

Beberapa kali ketemu mba Marita karena beliau numbasi dagangan eike. Putri kami satu sekolah, terus pernah sekali ngobrol dan aku pernah menyampaikan juga kalau aku punya hobi nulis. 

MasyaAllah, siapa sangka dan duga, beberapa bulan yang lalu, beliau menawarkan kelas nge-Blog. Kala itu, aku galau banget dear, why? Karena aku masih punya bayi. Kebayang ya repotnya ngurus bayi, bisa ngga nih, bisa ngga nih. Pertanyaan itu yang muncul di benakku, apa bisa mengikuti kelas dengan segala keterbatasanku ya? Tapi, di satu sisi, kapan lagi ada kesempatan, kan kesempatan belum tentu datang dua kali ya? 

Akhirnya, Bismillah, memantapkan hati untuk mengiyakan, dan mengisi data di form yang dikirim mba Marita. 

Nah pas udah dikelompokkan di grup, Alhamdulillah lagi ada salah satu Bunda dari teman sekelas putri-putri kami juga. Wah, berasa ada temen yang kenal nih, walaupun baru pertama juga ketemu beliau, mba yeyetkusmiati.com

MasyaAllah, di kelas inilah aku dipertemukan dengan sosok-sosok luar biasa yang ramah, ber-knowledge, penuh semangat, dan ngga pelit ilmu. Walaupun, jujur, aku insekyur bingit awalnya. 

Ternyata, mereka sosok yang saling terbuka, merangkul, penuh cinta menurutku. Alhamdulillah, jadi seperti punya saudara baru. 

Nah, di KBB Blogspedia inilah, titik awal aku mengenal lebih dekat tentang Blog. Coach kami mengajarkan ilmu yang komplit dengan sabar pula, apalagi untuk aku, ibu empat anak yang sudah sekian tahun vakum dari dunia per'internet'an. Taunya cuma sosial media aja, mana tau tentang domain, SEO, dan sebagainya itu.

Ah, jangankan sampai kesitu, mau nulis di word aja, kebingungan kaya anak kecil yang baru aja belajar, malu aku malu...

Dari sini aku sadar, bahwa ilmu itu ternyata harus terus diasah. Kalau ngga, ya memang akan sia-sia, tumpul, dan menghilang…

Sekolah jurusan sekretaris, tapi sekian tahun ngga lagi pernah pegang komputer/ laptop untuk uthek-uthek word dan kawan-kawannya, ya bablas lah.. :D

Baiklah, mari kita menuju ke pembahasan utama, yaitu cara menjadi blogger pemula.


Cara Menjadi Blogger Pemula


  • Siapkan Niat 

Penting banget nih untuk menyiapkan niat yang serius untuk belajar. Karena apa? Kalau niatnya ngga serius, terhadang kendala sedikit, pasti udah mau nyerah aja rasanya. Jadi, memang penting banget untuk meluruskan niat yang sungguh-sungguh dari awal. 

Menurut aku, ini ngaruh banget sih, karena aku mengalaminya. Jadi, aku sempet kerepotan dan mengalami beberapa kendala dalam mengikuti kelas menulis. Tapi, MasyaAllah, karena memang tekad dalam hati itu udah kuat, jadi berasa ada dorongan untuk, ayo ayo kamu bisa. 

Alhamdulillah, meski belum 100% bisa ngatur time management dengan baik, tapi karena ada niat yang kuat, akan mempengaruhi semangat juang kita untuk belajar menulis ini.


  • Mengikuti Kelas Blog

Mengikuti kelas blog itu sangat penting, karena nge-Blog tanpa belajar itu ibarat punya rumah tapi pondasinya asal-asalan. 

Intinya adalah, memang menulis itu ngga sekedar menulis tapi sangat sangat butuh ilmu. Selain agar tulisan kita sesuai kaidah yang benar, ternyata yang paling penting juga adalah supaya artikel kita disukai sama google. 

Kenapa harus disukai google? Ya kan ngga mungkin juga kita nulis buat diri sendiri melulu aja. Ada kali keinginan dibaca oleh banyak orang. Apalagi tulisan yang mengandung ilmu dan manfaat, pastinya kita ingin berbagi ilmu dan manfaat itu sendiri ke banyak orang.

Nah, itu semua bisa didapatkan melalui kelas blog. Kak, aku ngga punya kenalan coach kaya si penulis, gimana dong? Tenaaaangss dear, cuss klik aja blogspedia.my.id atau bisa follow IG @Blogspedia untuk kepoin about blog.

Mau referensi blogger, bisa cuss kunjungi blognya my coach yang MasyaAllah, isinya komplit, Maritaningtyas.com. Bisa juga follow IG coachku, yaitu @Maritaningtyas.

Selamat kepo-kepo dulu about blog ya dear.


  • Membuat Blog

Setelah mengikuti kelas blog, cuss kita lanjut dengan membuat blog pribadi. Nah kalau sudah punya blog dan mengantongi ilmu dari coach, mulailah kita menulis dan memposting tulisan kita di blog.

Eiits, tapi ngga cuma sampai disini aja ya dear, udah punya blog, nulis, unggah, selesai. Ternyata banyak kaidah yang harus kita taati, salah satunya ya tentang SEO.

SEO (Search Engine Optimization) ini sangat dibutuhkan supaya tulisan kita itu disayang sama google. Selain itu, menentukan keyword, ternyata juga sangat penting. Nah kalau ngga belajar, mana paham ya membuat judul yang keywordnya itu bernilai dan dicari oleh sebagian besar orang di google. 

Supaya apa? Penisirin? Cuss deh cari tau di Blogspedia.my.id ya? Ini beneran reccomended banget buat para blogger yang kepingin tau banyak hal about, how to write well? Pokoknya ibarat kata blogspedia ini tongkrongan para blogger cupu. Komplit plit plus dijampin betah nongkrongnya, jangan lupa kopi sama cemilannya ya dear, biar nambahin semangat pas nongkrongin blogspedia :D.


  • Membeli dan Memasang Domain

Saat ini, udah banyak sekali blog dengan bermacam-macam niche yang tersebar di dunia maya. Bahkan, bisa dibilang hampir seluruh blog tersebut menggunakan platform gratisan dan juga domain gratisan yang disediakan oleh platform blog tersebut, misalnya seperti Blogspot dan juga WordPress. Ini menguntungkan banget untuk mereka yang ingin menekuni dunia blog. Semuanya sudah disediakan secara gratis tanpa harus mengeluarkan modal sedikitpun.

But, kita kepingin dong membuat blog kita jauh lebih baik dan berbeda dari blog-blog yang ada di pasaran. Hmm, selain itu, blog juga harus elegan dan memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh blog-blog yang lain. Nah, salah satunya ya menggunakan domain TLD. Fungsinya untuk apa?

Fungsinya adalah untuk meningkatkan SEO Blog/Website. Menggunakan Domain TLD berbayar tentunya dapat membuat mesin pencari Google memberikan perhatian khusus terhadap blog yang kita buat. Ngga cuma itu aja, blog yang menggunakan domain TLD berbayar juga akan mudah terindex dan lebih diprioritaskan di mesin pencari Google ketimbang blog yang menggunakan domain gratisan.

Domain TLD berbayar dipercaya mampu memberikan pengalaman yang sangat baik bagi para pengunjung serta bisa mendapatkan penghargaan dari mesin pencari Google dalam menilai keseriusan seorang blogger dengan blog yang dimilikinya. Potensi tersebut lah yang dapat langsung dimanfaatkan oleh para blogger untuk membuat blog mereka dengan sangat mudah terindex oleh mesin pencari Google dan menjadikan blog mereka menjadi lebih SEO dari sebelumnya.

Jadi, penting banget ya urusan per'domain'nan ini dear.


Well, itu tadi diatas sedikit ilmu yang aku share tentang cara menjadi blogger pemula. Kurang lebihnya, aku minta maaf ya, terimakasih yang sudah mampir. 

Mari semangat menulis, menuangkan isi hati dan kepala, sarana meluapkan kelelahan karena aktifitas, dan terlebih menebar ilmu & manfaat. Semoga ke depan semakin bisa lebih baik dalam menyerap ilmu dan menerapkannya. Aamiin.



Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar